Ternate, HN – Pembangunan rumah singgah untuk warga Kecamatan Batang Dua, Hiri, dan Moti (BAHIM) di Kelurahan Kalumpang, Kota Ternate, menelan anggaran senilai Rp 1.601.577.662,12.

Pembangunan tersebut dikerjakan oleh CV. Binar Corporration Teknik dan hampir rampung.

Rumah singgah BAHIM ini untuk warga tiga kecamatan terluar yang mendapat kesulitan saat berobat di Puskesmas maupun rumah sakit di pusat Kota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Fathiyah Suma, mengatakan Pemkot Ternate telah menggelontorkan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 untuk rumah singgah tersebut.

“Progres pekerjaan sudah hampir rampung, kita targetkan Desember ini selesai, tapi nanti tahun depan baru bisa difungsikan, sebab listrik dan air belum masuk,” kata Fathiyah, Rabu, 27 Desember 2023.

Ia mengaku, pembangunan rumah singgah ini menjadi bukti jika Pemkot Ternate hadir dalam memberikan pelayanan terdepan pada bidang kesehatan kepada masyarakat BAHIM.

“Rumah singgah ini juga dapat membantu masyarakat mendapatkan akses lebih mudah dan cepat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujarnya.

Menurut dia, program ini menjadi tugas Dinas Kesehatan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, termasuk dalam rangka menyelenggarakan pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat secara terpadu, terintegrasi, sinergi.

“Ini juga membantu mengurangi beban ganda masyarakat dalam hal pembiayaan kesehatan, dan tempat tinggal sementara bagi yang mengalami kesulitan,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *