Ternate, HN – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Ake Gaale, Kota Ternate menyebutkan bahwa pihaknya membutuhkan investasi besar untuk membangun sumur-sumur baru agar bisa mendistribusikan pelayanan air bersih secara merata.

“Harus diakui bahwa memang air bersih ini masih (menjadi) permasalahan, terutama di daerah ketinggian,” jelas Plt Dirut Perumda Ake Gaale Kota Ternate, Muhammad Safe’i, Kamis, 26 Oktober 2023.

“Teman-teman konsultan menyampaikan produksi air bersih kita ini sekitar 93 liter per detik. 1 liter per detik dia bisa menghidupi kurang lebih 500 jiwa. Tinggal dikalikan, 93 liter per detik kali 500. Itu masih defisit dan cukup besar,” sambungnya.

Sehingga itu, pihaknya membutuhkan investasi besar untuk memanfaatkan sumur, pompa, dan melakukan pembagian di daerah-daerah ketinggian.

“Namun ada juga titik-titik di Kota Ternate yang sudah (terlayani air bersih) 24 jam. Tapi kita harus aku bahwa masih ada juga titik yang berteriak membutuhkan peningkatan pelayanan,” katanya.

Kendati demikian, ia menambahkan, Perumda Ake Gaale Ternate tetap menjawab kebutuhan masyarakat dengan melakukan penambahan jaringan distribusi air di Kelurahan Tabona, Lingkungan Jan, dan sudah berjalan dengan baik.

“Kemudian di Kelurahan Gambesi juga demikian. Insyaallah dalam waktu dekat kita dapat tambahan daya listrik dari PLN, kita masih menunggu itu. Sehingga dengan produksi air bersih dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *