Sofifi, HN – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, secara resmi membuka Festival Doe Masure pada Sabtu, 9 September 2023. Event ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-16 Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara.

Kehadiran orang nomor dua di pemerintahan Tidore Kepulauan di panggung pelataran Pantai Wisata Doe Masure, Dusun Barumadoe itu ditemani Kepala Desa Balbar, Amir Abdullah, dan ketua panitia, Indra Abidin.

Kegiatan berlangsung khidmat dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat Desa Balbar. Dalam sambutannya, Muhammad Sinen sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Pemkot Tidore, kata dia, juga telah mengusulkan Festival Doe Masure sebagai agenda rutin festival pariwisata di tahun depannya.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, kita harus belajar dari Kabupaten Banyuwangi yang memiliki rekor dan prestasi event festival budaya terbaik dan terbanyak di Indonesia, prestasi itu mengantar Bupatinya Abdullah Azwar Anaz akhirnya terpilih menjadi tokoh berprestasi hingga diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB),” ucap Muhammad Sinen, melalui siaran pers yang diterima halmaheranesia, Senin, 11 September 2023.

Ia mengaku, Abdullah Azwar Anas dalam prestasinya berhasil menurunkan angka kemiskinan di Banyuwangi. Tentu hal ini harus dicontohi dalam membawa Tidore Kepulauan terhindar dari kemisikinan ekstrem dan menggapai prestasi zero stunting.

“Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah berupaya memperjuangkan dan menetapkan Festival Doe Masure ini sebagai kegiatan rutin. Alhamdulillah event ini telah disetujui dan dianggarkan,” paparnya.

Hal itu, lanjut dia, tentu tak lepas dari perjuangan Kapten Ali dan dirinya yang selalu memperhatikan keinginan masyarakat.

“Insyaallah ke depan akan ada dua festival rutin di Oba Utara. Yakni Festival Doe Masure Balbar dan Festival Doe Doe Guraping yang menjadi kebanggaan kita bersama,” ungkap Ayah Erik, sapaan akrab Muhammad Sinen.

Kepala Desa Balbar, Amir Abdullah, mengaku bangga karena kegiatan ini juga diikutkan dengan kegiatan bakti sosial, kesehatan, dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat.

“Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Galala dalam hal ini tim pos pembinaan terpadu (Posbindu) pada penyuluhan kesehatan lansia, dan PMI Provinsi Maluku Utara dalam berdonor darah, selain itu juga ada pemberian BLT,” ucap Amir.

Sekadar diketahui, Festival Doe Masure menggelar beberapa lomba atau pertandingan, di antaranya bola voli yang sudah berlangsung beberapa hari ini, lomba seni budaya seperti menari, menyanyi, dan lainnya akan dimulai Senin malam ini.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *