Ternate, HN – Sebanyak empat objek cagar budaya Kota Ternate telah masuk tingkat nasional sebagai pengembangan sejarah dan ilmu pengetahuan.

Empat objek cagar budaya Kota Ternate itu di antaranya Kedaton Sultan Ternate, Masjid Sultan Ternate, makam Sultan Baabullah, dan makam Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H. Sabatun, mengatakan sebelumnya telah diusulkan sebanyak lima objek cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan, namun hanya empat cagar yang masuk peringkat nasional.

“Ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan sebagai cagar budaya tingkat nasional. Penetapan cagar budaya itu melalui SK wali kota dan diajukan ke provinsi kemudian diusulkan ke tingkat nasional,” kata Sarid, Rabu, 6 September 2023.

Sementara untuk warisan tak benda (WTB), pihaknya sudah berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun, sehingga naskah akademik cagar budaya pun disusun oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Kemudian ada juga 60 warisan tak benda yang sementara masih dalam tahap usulan ke Kementerian.

“Semoga sudah ada pengumuman masuk, sehingga dari tim akan menyusun lagi naskah akademiknya. Jika sudah ada penetapan warisan tak benda berarti menjadi hak intelektual masyarakat Ternate,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *