Ternate, HN – Merayakan kegiatan World Water Forum (WWF) yang ke-10, Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan pungut sampah di sungai pada Kamis, 27 Juni 2023.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah lembaga pemerintah, TNI, lembaga vertikal, perguruan tinggi, pemuda, dan masyarakat.

Kepala BWS Maluku Utara, Kalpin Nur, dalam sambutannya mengatakan kegiatan World Wader Forum (WWF) ke-10 ini bertujuan untuk menjadikan gerakan kreativitas anak muda agar bisa mengekspresikan semangat pemulihan dan cinta sungai.

“Kegiatan yang berkonsep susur dan bersih-bersih sungai ini bagian dari edukasi untuk mengubah kultur masyarakat agar lebih mencintai sungai, utamanya membuang sampah tidak lagi sembarangan,” kata Kalpin.

Ia mengaku, pada Hari Sungai Nasional 2023 ini, pihaknya mengagendakan beberapa kegiatan, yakni lomba mewarnai tingkat SD dan susur serta bersih sungai, lalu lomba timbangan sampah.

“Kegiatan mewarnai itu diikuti lima SD di Ternate, sementara susur dan bersih sungai yang dilaksanakan di barangka (kali mati) Kelurahan Sangaji itu dilibatkan sejumlah pihak. Pungut sampah di barangka tekah dilakukan sepanjang 850 meter,” ungkapnya.

Meski begtu, ia merasa sedikit kecewa dengan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. Kekecewaan itu disebabkan karena ketidakhadiran Wali Kota pada acara puncak susur dan bersih-bersih sungai menuju 10 tahun Word Water Forum (WWF) tersebut.

Kalpin menjelaskan, dari semua provinsi di Indonesia yang ramai melaksanakan kegiatan ini, telah dihadiri langsung masing-masing kepada daerah. Hanya Kota Ternate yang tidak hadir.

“Tapi ini bukan menjadi masalah utama buat saya, sebab saya masih didukung oleh sejumlah pihak dan perwakilan lembaga lain,” ujarnya.

Ia berharap, semestinya kegiatan pungut sampah di Kota Ternate ini bisa disaksikan Wali Kota Ternate, agar ke depan kawasan tersebut menjadi contoh bagi kawasan di sungai atau kali mati lainnya.

“Saya inginkan kegiatan ini bagian dari awal dan niat kita untuk membersihkan seluruh barangka yang ada di Kota Ternate,” pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *