Taliabu, HN – Seluruh kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Pulau Taliabu bakal melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Bimtek tersebut rencananya diagendakan pada bulan Juli ini.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, saat melaksanakan rapat evaluasi kinerja Kades dan BPD di ruang aula Kantor Bupati, Selasa, 4 Juli 2023.

Aliong mengatakan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman dalam tata kelola pemerintahan desa.

“Bimtek ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap, dan peserta akan berpindah-pindah lokasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ucapnya.

Menurutnya, memilih Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta sebagai tempat bimtek karena pertimbangan terhadap keberagaman pengalaman dan pengetahuan yang akan didapatkan oleh peserta bimtek.

“Ketiga kota tersebut dikenal sebagai pusat kegiatan pemerintahan, keuangan, dan pendidikan yang akan memberikan wawasan yang lebih luas bagi Kades dan BPD,” jelasnya.

Ia menjelaskan, bimtek ini juga mencakup berbagai aspek tata kelola pemerintahan desa, termasuk penyusunan perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan desa, pemanfaatan teknologi informasi, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan.

“Peserta bimtek juga akan diberikan pemahaman mengenai regulasi terkait pemerintahan desa yang terbaru,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pulau Taliabu, Agusmawati Thoib Kotten, mengatakan akan menyiapkan anggaran khusus untuk pelaksanaan bimtek.

“Peserta yang bakal diberangkatkan dalam bimtek, yakni kepala desa dan keterwakilan BPD berserta Camat se-Pulau Taliabu,” ungkap Agusmawati.

___

Reporter: Rusmin Umagapi

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *