Ternate, HN – Dewan Pimpan Daerah (DPD) Partai PDIP Provinsi Maluku Utara secara resmi menyerahkan dokumen bakal calon anggota legislatif DPR-RI, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota ke KPU Maluku Utara, Kamis, 11 Mei 2023.

Ketua DPD Partai PDIP Maluku Utara, Muhammad Sinen, usai menyerahkan dokumen mengatakan internal PDIP telah menyiapakan sebanyak 45 bakal caleg untuk 5 dapil di Maluku Utara dalam menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

“Ya alhamdulillah, pada sore ini secara serentak mulai dari pusat sampai ke daerah, PDIP mengambil pendaftaran di hari pertama tanggal 11 Mei 2023,” Muhammad Sinen.

Dari 45 bakal caleg, kata dia, kuota untuk keterwakilan perempuan 30 persen dari PDIP juga sudah terpenuhi. Bahkan, KPU juga telah menyatakan dokumen bakal caleg Provinsi Maluku Utara untuk PDIP lengkap dan terpenuhi.

“Itu artinya, PDIP dalam hal administrasi sudah memenuhi syarat untuk didaftarkan hari ini,” jelasnya.

Ia mengaku, untuk target kemenangan di 5 dapil ini awalnya 8 kursi naik menjadi 12 kursi untuk Maluku Utara.

“Jadi, sebelumnya 7 kursi kemudian naik 8 kursi dan sementara ini kita targetkan 12 kursi untuk 5 dapil.”

Ia menambahkan, sementara untuk jumlah incumbent, ada 8 orang. Untuk provinsi ada 6 orang, kemudian 1 tidak ikut dan satunya lagi memilih turun tingkat kabupaten.

“Diana Sumendap itu mendapatkan ke kabupaten Halmahera Utara, sementara satu tidak mendaftar atas nama Astrid Tiara Sari,” ungkapnya.

Disingung soal siapa yang dicalonkan dalam momentum Pilkada Maluku Utara, lanjut dia, sementara ini masih fokus pada kesiapan Pileg, hasil dari pileg itu akan dibicarakan soal Pilkada.

“Kalau PDIP menang secara merata di kabupaten maupun kota, maka kita akan berani mengusahakan dari internal partai untuk maju pada Pilkada,” katanya.

Koordinator divisi teknis penyelenggara KPU Maluku Utara, H Buchari Mahmud, menyampaikan PDIP Maluku Utara telah menyerahkan dokumen bakal calon DPRD Provinsi Maluku Utara.

“Setelah diperiksa dokumen yang ada di dalam dokumen silon dan dokumen fisik yang dibawakan, kemudian dicocokkan di dalam silon dan diverifikasi dan diteliti satu per satu semuanya dinyatakan lengkap,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *