Ternate, HN – Komisi III DPRD Kota Ternate meminta agar pemerintah kota segera memfungsikan bangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Kelurahan Gamalama.

Bangunan TPS3R yang dibangun Kementerian PUPR melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) ini menelan anggaran sebesar Rp 600 juta melalui DAK Integrasi.

Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate, Anas U Malik, mengatakan bangunan TPS3R ini sudah dibangun sejak tahun 2021 dan menelan anggaran yang besar, kemudian fasilitas juga sudah tersedia.

“Untuk tenaga pengelola juga sudah dilatih, tetapi pasca penyerahan ke pemerintah itu yang tidak dikelola secara baik sehingga ini menjadi problem,” kata Anas, Selasa 10 Januari 2022.

“Kita yakin, kalau gedung ini sasarannya dikelola secara profesional pasti sampah Ternate bisa berkurang dan menjadi nilai ekonomis,” sambungnya.

Ia menjelaskan, yang menjadi tenaga pengelola gedung ini dari warga Kelurahan Makassar Timur dan Kelurahan Gamalama.

“Jadi kita akan minta penjelasan DLH, masalah apa sehingga tidak difungsikan, karena sangat disayangkan dari balai dan Tim KOTAKU sudah membangun sarana dan prasarana fasilitas mesin pencacah dan membentuk pengelola dan tinggal pemerintah kota memanfaatkan itu saja tidak bisa,”

Sementara Lurah Gamalama, Khaerul Arifin Husein, mengatakan pihaknya telah mengetahui siapa yang memberikan izin ke warga untuk menempati gedung tersebut.

“Nanti kita berikan waktu untuk warga yang menempati tempat ini akan pindah, karena tempat ini bukan kos-kosan,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *