Ternate, HN – Pegawai tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Chasan Boeisorie Ternate, Maluku Utara, kembali melakukan aksi mogok kerja, Senin, 9 Januari 2023.

Kemarahan para nakes ini memuncak setelah merasa dibohongi pihak manajemen RSUD, yakni Plt Dirut, Alvia Assagaf dan Wadir Keuangan Fatimah Abas, terkait tidak dilakukannya pembayaran Tunjangan Penambahan Penghasilan (TTP) bagi para nakes.

Pantauan halmaheranesia, para nakes memboikot ruang pelayanan IGD dengan menggunakan kayu balok dan tabung oksigen tepat pada pintu masuk ruangan, serta bentangan spanduk bertuliskan tuntutan hak mereka. Meski begitu, tidak berlangsung lama, sebab telah dihalangi pihak kepolisian.

“Pemboikotan pelayanan IGD ini terpaksa kami lakukan, ini juga satu bukti keresahan para nakes terhadap Gubernur Maluku Utara pada tanggal 24 Desember bahwa telah berjanji akan membayar TTP selama 15 bulan, namun sampai sekarang tidak kunjung direalisasikan,” ucap Jainal Ilyas, koordinator aksi.

Aksi lalu berlanjut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut dengan tuntutan dugaan tindak pidana korupsi penggelapan anggaran.

Salah satu masa aksi berteriak hak mereka tidak dibayar tapi terus melakukan perkerjaan karena hati nurani dan demi pasien.

“Kami tidak dibayar namun tetap berkerja. Apakah kalian mau kami membiarkan pasien tergeletak dan meninggal,” teriaknya dengan nada kesal dan wajah yang memerah.

Sementara Asintel Kejati Malut, Efrianto, yang menemui masa aksi mengatakan, laporan yang disampaikan itu tetap akan disikapi, dan segera menyelesaikan apa yang menjadi tuntutan oleh para pegawai.

Menurutnya, hal ini membutuhkan proses dan kajian mendalam dan seksama untuk menetapkan apakah ada perbuatan melawan hukum atau tidak.

Efrianto menjelaskan, bahwa laporan dokumen sudah diterima pihaknya, dan sudah berkoordinasi dengan pihak inspektorat Malut sebagai rujukan.

“Jadi berikan kami waktu, berikan kami kepercayaan. Kami memahami itu,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *