Ternate, HN – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate berencana melakukan pembangunan rumah sederhana sehat dan mandiri bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Ternate.

Kepala Disperkim Kota Ternate, Muhammad Syafei, mengatakan rumah sederhana ini bakal dibangun baru sehingga lebih tertata dengan baik dan rapi.

Kendati demikian, ia belum mengetahui secara pasti berapa jumlah unit total rumah yang akan dibuat.

“Tahun depan kita fokus menangani itu (rumah sederhana sehat) di Kelurahan Kasturian. Unit total rumahnya saya lupa, tetapi rumah-rumah itu dibangun baru di lokasi yang agak ke pantai dan jembatannya (beton) di atas air,” ungkap Syafei, Jumat, 4 November 2022.

Menurutnya, dengan dibangunnya rumah tersebut, maka pola hidup masyarakat akan jauh lebih baik.

“Jadi usai konstruksi masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat. Termasuk juga, pembuangan sampahnya,” ungkapnya.

“Tahun depan insyaallah di Kasturian saya mau terapkan seperti itu, sehingga nantinya ke depan bisa jadi contoh pemukiman yang sehat untuk kelurahan yang lain,” sambungnya.

Syafei menambahkan, program ini bersumber dari dana sharing, yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU), di mana untuk DAK kurang lebih Rp10,9 miliar dan DAU Rp7 miliar lebih.

“Hampir Rp20 miliar lah. Insyaallah kita bisa maksimalkan, di mana kami hanya bisa membantu 6 x 6 per unit rumah,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *