Ternate, HN – Solidaritas Aksi Mahasiswa untuk Rakyat Indonesia (Samurai) Maluku Utara pada Jumat, 27 Mei 2022, melaksanakan hari jadi yang ke-22 tahun.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Ternate itu mengangkat tema ‘Bergerak Solidaritas, Nyali Intelektualitas’. Dalam momentum ini, mereka juga melaksanakan diskusi grup dengan tema ‘Gerakan Ternate, Peduli Lingkungan Hidup’.

Presidium Samurai Malut, Rian Momole, mengatakan hari jadi Samurai ini merupakan hari besar untuk seluruh anggota Samurai Malut dari tingkat Distrik, Komite Pengurus Pusat (KPP), Dewan Syuro, dan Dewan Pendiri Samurai Malut.

“Sehingga kami melakukan dua item kegiatan, yang pertama temu kamerad dan sudah diselenggarakan pas pembukaan malam Sabtu dan yang kedua diskusi grup diselenggarakan malam ini pukul 20.00 WIT,” ucap Rian, Sabtu, 28 Mei 2022.

Ia mengatakan, diskusi malam ini dilakukan secara terbuka dan menghadirkan pemateri dari beberapa lembaga negara yang ada di Kota Ternate, baik itu pihak kepolisian, TNI, akademisi, jurnalis, serta pemerintah kota.

Selain itu, Rian menjelaskan tema lingkungan adalah hal yang paling urgen atau masalah terbesar yang dihadapi masyarakat.

“Samurai Malut mengangkat tema tersebut sesuai dengan hasil investigasi di lapangan yang dilakukan kawan-kawan selama dua bulan lebih dan itu teridentifikasi sampah dalam sehari mencapai ton, jadi kalau sebulan puluhan bahkan ratusan ton sampah,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari hasil diskusi nanti, akan melakukan kerja sama serta mempersiapkan rekomendasi ke pemerintah kota dalam bentuk MoU, agar sama-sama berkomitmen mendorong persoalan lingkungan.

“Intinya kami berharap kerja sama mendorong masalah lingkungan di Kota Ternate ini hingga dapat diatasi dan yang pastinya masalah lingkungan ini dapat diselesaikan kami akan mendorong masalah yang lain juga. Yang terpenting diselesaikan satu-satu biar tidak tumpang-tindih dalam menyelesaikan masalah,” pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *