Ternate, HN – Dinas Pendidikan Kota Ternate akan meliburkan seluruh kegiatan belajar-mengajar PAUD, TK ,SD, dan SMP selama tiga hari saat awal bulan suci ramadan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani, mengatakan semua sekolah akan diliburkan selama tiga hari untuk menghargai ibadah puasa yang dijalankan umat Islam.

“Yang jelas akan diliburkan pada awal puasa, setelah itu pada minggu kedua akan dilaksanakan ujian sekolah,” kata Muslim, Kamis, 31 Maret 2021.

Menurutnya, pada bulan puasa juga akan diadakan ujian sekolah bagi SD kelas VI dan SMP kelas IX untuk semua wilayah sekolah di Kota Ternate. Hal itu karena tidak ada lagi ujian nasional.

“Untuk ujian sekolah akan dilakukan pada minggu kedua puasa, kewenangannya akan diberikan ke setiap sekolah untuk menyusun semua soal dan kesiapan ujian, sementara kita dari Diknas hanya menyiapkan teknisnya saja,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk ujian sekolah kemungkinan dilakukan pada Senin, 11 Maret 2022 dan akan berlangsung selama 6 hari. Sehingga, bagi kelas 1-V SD dan kelas VII-VIII akan diliburkan, mengingat semua ruangan belajar akan digunakan untuk kegiatan ujian sekolah.

“Untuk ujian ini dilakukan di waktu yang sama antara SD dan SMP, jadi nanti kita dari Diknas tetap turun untuk melakukan monitoring di tiap sekolah terkait pelaksanaan ujian,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *