Ternate, HN – Pemerintah Kota Ternate bersama pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Ternate saat ini masih menyiapkan sejumlah dokumen teknis terkait penambahan tenaga dokter ahli.

Direktur RSUD Kota Ternate, Muhammad Sagaf, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, untuk menarik sejumlah dokter ahli.

“Kita masih terkendala dengan dokumen SIP kepada instansi terkait, karena sementara ini kan mereka (dokter) dititipkan di sejumlah rumah sakit, jadi dokumennya harus dilengkapi dulu. Padahal rencananya awal Maret 2022 para dokter sudah ditarik,” kata Sagaf, Kamis, 10 Maret 2022.

Menurutnya, sebelum para dokter itu direkrut, harus lebih dulu menyiapkan sarana pendukung yang ada di rumah sakit maupun alat kesehatan.

“Dokter spesialis tersebut merupakan dokter yang terdaftar pada ASN Kota Ternate, sementara yang akan direkrut itu dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis gigi, dan dokter spesialis bedah,” ungkapnya.

Sagaf menyebutkan, meski sejumlah fasilitas pelayanan di RSUD Kota Ternate masih minim, pihaknya tetap melakukan penyesuaian pelayanan melalui kerja sama dengan Rumah Sakit Chasan Boesoirie maupun rumah sakit swasta lainnya, laboratorium, serta Unit Transfusi Darah (UTD).

“Sehingga pada saat sistem rujukan pasien, dalam hal tindak lanjut pelayanan penanganan operasi bagi pasien, dokter dilakukan operasi di rumah sakit yang telah bekerja sama itu,” pungkasnya.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *