Ternate, HN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ternate Tengah, pada Senin, 14 Februari 2022, resmi dibuka Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Musrenbang yang dilaksanakan di salah satu hotel di Ternate ini mengangkat tagline, “Peningkatan Percepatan Infrastruktur dan Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Daya Saing Industri Kreatif serta Mendorong Tumbuhnya UMKM dan IKM.”

Turut hadir dalam Musrembang di antaranya Kepala Bapeligbangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly, Camat Ternate Tengah, Yusuf Djamal, dan Lurah se-Kecamatan Ternate Tengah.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, mengatakan hasil Musrenbang ini akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2023 mendatang.

“Di usia Kota Ternate yang sudah berumur 20 tahun lebih ini, sudah harus memiliki tata kelola sampah yang harus baik,” kata M. Tauhid Soleman.

“Kita memberikan ruang kepada pemerintah kelurahan agar duduk bersama dengan DLH untuk mengatur waktu pembuangan sampah, karena ketika sampah sudah diangkut pada pagi hari, tidak berselang lama, sampah sudah ada lagi,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bapeligbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan dalam Musrenbang ini pemerintah kota akan mengakomodir seluruh usulan-usulan yang disampaikan.

“Untuk tahapan Musrenbang ini mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kota, dan tingkat nasional. Untuk di daerah misalnya, pada tingkat kelurahan hampir besar ada di infrastruktur sehingga lewat Musrenbang ini paling tidak 70-80 persen bisa terakomodir,” jelasnya.

Ia menambahkan, Musrenbang ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh delegasi kelurahan yang hadir dan OPD agar isu ini diselaraskan di tahun 2023 nanti.

Bagikan:

Iksan Muhamad

Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *