Ternate, HN – Upacara peringatan puncak Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-771 dengan tema “Ternate Kota Rempah” yang dilaksanakan pada Rabu, 29 Desember 2021, tepatnya di halaman kantor wali kota berlangsung dengan khidmat.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, dalam sambutannya mengatakan, fakta sejarah membuktikan Ternate merupakan salah satu kota tertua di dunia.

Kota ini, kata Tauhid, telah ada sebelum abad pertengahan dan menjadi pusat imperium terbesar di Indonesia Timur, sekaligus sebagai kota perdagangan dan pusat pemerintahan.

“Hari Jadi Ternate 771 merupakan momentum warga Ternate untuk melakukan refleksi, perenungan, sekaligus menerjemahkan makna perjuangan para leluhur untuk dimanifestasikan dan diwujudkan dalam pembangunan Ternate hari ini dan ke depannya,” ucapnya.

Ia menegaskan, semua warga Ternate haruslah mengikat tatanan perilaku dengan nilai-nilai yang sudah melekat dalam adat dan kebudayaan orang Ternate.

“Perayaan Hari Jadi Ternate 771 ini memberi semangat bagi kita untuk menegaskan kembali identitas Ternate sebagai Kota Rempah, menguatkan geneologi sejarah, sosial dan budaya, serta strategi kolaboratif dengan keterlibatan seluruh stakeholder dalam rangka komitmen bersama seluruh warga Kota Ternate untuk membangun, menjaga dan memelihara Kota Ternate yang kita cintai ini tetap menjadi kota yang ramah dan nyaman untuk semua,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan upacara perayaan Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-771 ini juga dihadiri sejumlah pejabat di wilayah Ternate beserta perangkat adat Kesultanan Ternate, dan tamu undangan lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *